Minggu, 17 Februari 2013

Jagung Sumber Pangan Alternatif

03.59


Jagung  merupakan salah satu komoditas penting  yang menjadi makanan pokok sebagian peduduk di dunia selain gandum dan padi. Jagung  (Zea mays) diduga berasal dari Amerika Latin, selain sebagai pakan ternak ,  jagung  tua ditumbuk menjadi tepung untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok  atau sebagai lauk, sebut saja  Tortilla,  makanan khas  dari  meksiko  yang kelezatannya  terkenal ke berbagai belahan dunia.

Di Indonesia jagung dapat tumbuh  di daerah  kurang air atau pegunungan, baik di tanah yang subur maupun di tanah yang tandus, di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Pada dasarnya tanaman jagung mudah beradaptasi dengan pelbagai kondisi lingkungan. Umur tanaman jagung berkisat  tiga atau empat bulan hingga dapat di petik hasilnya.
Sebagai makanan pokok, nilai gizi jagung  tidak kalah dengan beras. Buktinya  kini masyarakat modern banyak yang mengkonsumsi corn flake  sebagai menu sarapannya, selain praktis dan cepat saji, zat gizinya pun juga terpenuhi.
Jagung merupakan tanaman semusim yang termasuk dalam keluarga besar rumput-rumputan (Gramineae) dan memiliki kerabat dan wrna yang beragam. Varietas jagung yang  terkenal di Indonesia adalah Jagung biji putih (jagung lokal yang berasa  manis) dan  jagung  biji  kuning. Jagung biji kuning terdapat dua jenis yaitu jagung metro dan jagung hibrida (jagung tongkol dua).
Ada empat varietas jagung yang biasa dikembangkan di Indonesia, yaitu:
  1.  Zea mays underata Sturt  (jagung gigi kuda)
  2. Zea mays inderata Sturt  (jagung  mutiara)
  3. Zea mays sacharata Sturt  (jagung  manis)
  4. Zea mays everata  Sturt , biasa di buat pop corn

Manfaat Jagung
Jagung  mudah sekali diolah menjadi pelbagai produk makanan yang  bercita rasa enak dan variatif, selama kita bisa mengkombinasi dan mengkreasikannya. Contoh produk olahan jagung antara lain susu jagung, tepung  jagung, pop corn, tortilla, emping jagung dan lain sebagainya.
Di  Madura jagung yang tua  dijadikan makanan pokok pengganti beras. Di Sulawesi Utara  jagung  dicampur dengan beras, disajikan dengan sayuran berkuah santan sebagai pelengkapnya. Selain itu juga digunakan sebagai campuran kue, cokies maupun cake.
Jagung juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri makanan, kimia dan farmasi. Produksi terbesar jagung antara lain tepung  pati jagung (maizena), minyak jagung, makanan bayi, kue saus, dan masih banyak lagi. Kegunaan minyak jagung  jug a beraneka ragam karena mempunyai kandungan asam lemak jenuh, sehingga cocok untuk mereka yang melakukan diet rendah kolesterol.
Tanaman jagung dari  buah hingga limbahnya dapat dimanfaatkan  menjadi suatu produk yang berguna, misalnya;  dari daun hingga batangnya dapat di manfaatkan sebagai pakan ternak. Dari kulit jagung (klobot) dapat diolah menjadi pembungkus, souvenis dan juga aksesoris. Dan bagian kepala putik dan tongkolnya sering  diolah menjadi jamu.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© 2013 Jendela Tani. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top